Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 4 SD: Kisi-Kisi & Latihan

Pendahuluan

Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran penting sejak dini. Di kelas 4 SD, siswa mulai diperkenalkan dengan kosakata dasar, tata bahasa sederhana, dan kemampuan berkomunikasi dasar. Artikel ini akan memberikan contoh soal bahasa Inggris kelas 4 SD beserta kisi-kisinya. Tujuannya adalah membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi ujian atau evaluasi, serta memberikan gambaran bagi guru dan orang tua mengenai materi yang perlu dikuasai.

I. Kisi-Kisi Materi Bahasa Inggris Kelas 4 SD

Kisi-kisi ini mencakup topik-topik utama yang umumnya diajarkan di kelas 4 SD. Setiap topik akan dijelaskan secara ringkas beserta contoh indikator pencapaian kompetensi.



<p><strong>Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 4 SD: Kisi-Kisi & Latihan</strong></p>
<p>” title=”</p>
<p><strong>Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 4 SD: Kisi-Kisi & Latihan</strong></p>
<p>“></p>
<p><strong>A. Greetings and Introductions (Sapaan dan Perkenalan)</strong></p>
<ul>
<li><strong>Materi:</strong>
<ul>
<li>Ucapan salam (Good morning, Good afternoon, Good evening, Good night)</li>
<li>Ucapan perpisahan (Goodbye, See you later)</li>
<li>Menanyakan kabar (How are you?)</li>
<li>Memperkenalkan diri (My name is…, I am…)</li>
<li>Memperkenalkan orang lain (This is…, He/She is…)</li>
</ul>
</li>
<li><strong>Indikator Pencapaian Kompetensi:</strong>
<ul>
<li>Siswa dapat menggunakan sapaan dan ucapan perpisahan dengan tepat.</li>
<li>Siswa dapat menanyakan kabar dan memberikan jawaban sederhana.</li>
<li>Siswa dapat memperkenalkan diri dan orang lain dengan kalimat sederhana.</li>
</ul>
</li>
</ul>
<p><strong>B. Numbers (Angka)</strong></p>
<ul>
<li><strong>Materi:</strong>
<ul>
<li>Angka 1-20</li>
<li>Angka puluhan (20, 30, 40, dst.)</li>
<li>Menghitung jumlah benda</li>
</ul>
</li>
<li><strong>Indikator Pencapaian Kompetensi:</strong>
<ul>
<li>Siswa dapat menyebutkan angka 1-20 dengan benar.</li>
<li>Siswa dapat menghitung jumlah benda dalam bahasa Inggris.</li>
<li>Siswa dapat menuliskan angka dalam bentuk kata (one, two, three, dst.).</li>
</ul>
</li>
</ul>
<p><strong>C. Colors (Warna)</strong></p>
<ul>
<li><strong>Materi:</strong>
<ul>
<li>Nama-nama warna dasar (red, blue, yellow, green)</li>
<li>Nama-nama warna lainnya (orange, purple, pink, brown, black, white)</li>
<li>Mengidentifikasi warna benda</li>
</ul>
</li>
<li><strong>Indikator Pencapaian Kompetensi:</strong>
<ul>
<li>Siswa dapat menyebutkan nama-nama warna dengan benar.</li>
<li>Siswa dapat mengidentifikasi warna benda di sekitar mereka.</li>
<li>Siswa dapat menggunakan warna untuk mendeskripsikan benda.</li>
</ul>
</li>
</ul>
<div style=

D. Days of the Week and Months of the Year (Hari dan Bulan)

  • Materi:
    • Nama-nama hari (Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday, Sunday)
    • Nama-nama bulan (January, February, March, April, May, June, July, August, September, October, November, December)
  • Indikator Pencapaian Kompetensi:
    • Siswa dapat menyebutkan nama-nama hari dan bulan dengan urutan yang benar.
    • Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang hari ini, kemarin, dan besok.
    • Siswa dapat mengidentifikasi bulan-bulan dalam satu tahun.

E. Family Members (Anggota Keluarga)

  • Materi:
    • Nama-nama anggota keluarga (father, mother, brother, sister, grandfather, grandmother)
    • Hubungan keluarga
  • Indikator Pencapaian Kompetensi:
    • Siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota keluarga dengan benar.
    • Siswa dapat mendeskripsikan hubungan antara anggota keluarga.
    • Siswa dapat membuat kalimat sederhana tentang keluarga mereka.

F. Animals (Binatang)

  • Materi:
    • Nama-nama binatang (cat, dog, bird, fish, cow, horse, lion, tiger, elephant)
    • Habitat binatang
    • Makanan binatang
  • Indikator Pencapaian Kompetensi:
    • Siswa dapat menyebutkan nama-nama binatang dengan benar.
    • Siswa dapat mengidentifikasi habitat dan makanan binatang.
    • Siswa dapat membuat kalimat sederhana tentang binatang.

G. Parts of the Body (Anggota Tubuh)

  • Materi:
    • Nama-nama anggota tubuh (head, eyes, nose, mouth, ears, hands, legs, feet)
    • Fungsi anggota tubuh
  • Indikator Pencapaian Kompetensi:
    • Siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota tubuh dengan benar.
    • Siswa dapat menunjukkan anggota tubuh yang disebutkan.
    • Siswa dapat menjelaskan fungsi sederhana dari anggota tubuh.

H. Things Around Us (Benda-Benda di Sekitar Kita)

  • Materi:
    • Nama-nama benda di kelas (table, chair, book, pen, pencil, blackboard)
    • Nama-nama benda di rumah (bed, sofa, television, refrigerator)
  • Indikator Pencapaian Kompetensi:
    • Siswa dapat menyebutkan nama-nama benda di sekitar mereka.
    • Siswa dapat menggunakan kata sifat untuk mendeskripsikan benda.
    • Siswa dapat membuat kalimat sederhana tentang benda-benda di sekitar mereka.
See also  Latihan Soal Bahasa Inggris Kelas 7: Chapter 4

II. Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 4 SD

Berikut adalah contoh soal yang mencakup materi-materi di atas. Soal-soal ini bervariasi, mulai dari pilihan ganda, isian singkat, hingga menjodohkan.

A. Pilihan Ganda (Multiple Choice)

  1. What do you say when you meet someone in the morning?
    a. Good night
    b. Good afternoon
    c. Good morning
    d. Goodbye

  2. What is the color of the sky?
    a. Red
    b. Blue
    c. Green
    d. Yellow

  3. How many fingers do you have on one hand?
    a. Three
    b. Four
    c. Five
    d. Six

  4. What is the name of the first month of the year?
    a. February
    b. March
    c. January
    d. December

  5. Who is your father’s father?
    a. Mother
    b. Brother
    c. Grandfather
    d. Sister

  6. Which animal says "Meow"?
    a. Dog
    b. Cat
    c. Bird
    d. Fish

  7. What do you use to see?
    a. Nose
    b. Mouth
    c. Eyes
    d. Ears

  8. What do you use to write?
    a. Book
    b. Pen
    c. Chair
    d. Table

B. Isian Singkat (Short Answer)

  1. What do you say when you leave someone? ___
  2. What is the color of the sun? ___
  3. How many days are there in a week? ___
  4. What is the name of your mother’s mother? ___
  5. What animal barks? ___

C. Menjodohkan (Matching)

Pasangkan kata di kolom A dengan artinya di kolom B.

Kolom A Kolom B
1. Father a. Nenek
2. Mother b. Ibu
3. Brother c. Ayah
4. Sister d. Saudara Laki-laki
5. Grandmother e. Saudari Perempuan

D. Menyusun Kata (Arranging Words)

Susun kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar.

  1. is – name – My – Andi
  2. red – is – This – a – apple
See also  Konversi Word ke Windows Photo Viewer: Panduan Lengkap

E. Menerjemahkan (Translation)

Terjemahkan kalimat berikut ke dalam bahasa Inggris.

  1. Saya suka kucing.
  2. Ini adalah buku saya.

III. Kunci Jawaban

A. Pilihan Ganda

  1. c
  2. b
  3. c
  4. c
  5. c
  6. b
  7. c
  8. b

B. Isian Singkat

  1. Goodbye
  2. Yellow
  3. Seven
  4. Grandmother
  5. Dog

C. Menjodohkan

  1. c
  2. b
  3. d
  4. e
  5. a

D. Menyusun Kata

  1. My name is Andi.
  2. This is a red apple.

E. Menerjemahkan

  1. I like cats.
  2. This is my book.

IV. Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Kelas 4 SD

  • Belajar sambil bermain: Gunakan permainan, lagu, dan video untuk membuat belajar lebih menyenangkan.
  • Gunakan flashcards: Flashcards membantu menghafal kosakata baru.
  • Berlatih berbicara: Jangan takut untuk berbicara bahasa Inggris, meskipun masih banyak kesalahan.
  • Membaca cerita: Membaca cerita berbahasa Inggris membantu meningkatkan pemahaman dan kosakata.
  • Menonton film kartun: Menonton film kartun berbahasa Inggris dengan subtitle membantu memahami percakapan sehari-hari.
  • Konsisten: Belajar bahasa Inggris secara teratur, meskipun hanya sedikit setiap hari.

V. Kesimpulan

Dengan memahami kisi-kisi materi dan berlatih mengerjakan contoh soal, siswa kelas 4 SD dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Dukungan dari guru dan orang tua juga sangat penting dalam proses belajar ini. Semoga artikel ini bermanfaat!